Manfaat dari bit merah


Bit merupakan sejenis sayuran berair yang berwarna merah. Selain menambah energi, bit juga memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Sayangnya, sebagian orang tidak menyukai bit karena bau dan rasanya yang langu. Uniknya, buah bit asal Amerika ini sering disangka umbi-umbian. Padahal bukan! Yuk, intip manfaat dari buah bit, seperti dilansir Boldsky.

1. Tidak mengandung lemak

Sayuran berair ini tidak mengandung lemak jenuh sama sekali. Bagi Anda yang sedang berdiet, buah bit bisa jadi menu sehat yang kaya nutrisi.

2. Penambah energi

Bit adalah salah satu sumber karbohidrat. Jadi, jika Anda merasa lemas dan tidak bertenaga, makanlah bit sebagai energi booster.

3. Kaya asam folat

Asam folat dibutuhkan untuk meningkatkan produksi sel-sel baru, khususnya untuk ibu hamil. Wanita hamil membutuhkan suplemen yang tepat dari asam folat. Alih-alih mengonsumsi pil kaya asam folat, lebih baik makan bit.

4. Bergizi

Sayuran merah memiliki banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Bit merupakan sumber yang baik dari vitamin A, C, betaine, kalsium, mineral, magnesium, fosfor, niacin, dan besi.

5. Jantung sehat

Bit dapat mengurangi tekanan darah tinggi. Disamping itu, bit juga dapat meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh. Kandungan betaine dalam bit bisa mengurangi konsentrasi homosistein (zat yang berkontribusi terhadap penyakit pembuluh darah perifer dan stroke). Betaine juga mengurangi timbunan lemak dari aliran darah yang menghambat aliran darah ke jantung.

6. Jus sehat

Anda mungkin dapat minum segelas jus bit setelah berolahraga di pagi hari. Jus bit dikenal sebagai pembakar kalori tubuh. Hebatnya, jus bit juga dapat mengurangi hipertensi dalam waktu satu jam.

Ini adalah beberapa manfaat dari bit. Sertakan sayuran merah lainnya dalam menu harian Anda. Olahraga teratur saja tidak cukup, tanpa didukung oleh konsumsi makanan yang sehat.

sumber : http://www.merdeka.com/


Gempur Kencing Manis Dengan Pare

Gempur Kencing Manis Dengan Pare

Gempur Kencing Manis Dengan Pare – Beberapa besar orang tak suka sayur pare ini di karenakan rasa pare yg pahit. Butuh kita kenali rasa pare yg pahit itu datang dari zat pahit pare saponin. Tetapi dibalik rasa buah pare yg pahit itu, ada faedah pada kesehatan tubuh kita.

Di antara faedah buah pare untuk kesehatan tubuh kita yaitu bisa jadi penangkal sel kanker. Faedah ini bisa didapat di karenakan pare memiliki kandungan zat lesichin yang bisa menambah kekebalan utk mencegah perubahan sel kanker. Bukan sekedar itu, buah pare juga mempunyai kandungan sebagian zat yang bisa menghindar sel kanker.
Pare atau dng nama latin ( Momordica charantia L. ) namun persamaan kata = M. balsamina, Blanco. = M. balsamina, Descourt. = M. cylindrica, Blanco. = M. jagorana C. Koch. = M. operculata, Vell. = Cucumis africanus, Lindl. Serta terhitung Familia : Cucurbitaceae
Uraian Pare :
obat kencing manis
Pare
Tumbuhan pare ini banyak ada di daerah beriklim tropika, tumbuh serta subur baik di dataran rendah ataupun bisa juga tumbuh pada alam liar di tanah terlantar, sawah tegalan, sengaja dibudidayakan atau ditanam di lingkungan pekarangan dng dirambatkan pada pagar, utk kemudian diambil buahnya.
Tumbuhan pare ini tak memerlukan banyak cahaya matahari, hingga bisa tumbuh subur di tempat-tempat yg agak terlindung tanpa cahaya matahari. Tanaman 1 tahun, merambat atau memanjat dng alat pembelit atau sulur berupa spiral, banyak bercabang, berbau tak enak.
Batang berusuk lima, panjang 2-5 m, yg muda memiliki rambut rapat. Daun tunggal, bertangkai yg panjangnya 1, 5-5, 3 cm, letak berseling, memiliki bentuk bulat panjang, dng panjang 3, 5-8, 5 cm, lebar 4 cm, sharing menjari 5-7, pangkal berupa jantung, warnanya hijau tua. Taju bergigi kasar hingga berlekuk menyirip.
Tumbuhan pare ini memiliki bunga tunggal, berkelamin dua dlm satu pohon, bertangkai panjang, berwarna kuning. Buah bulat memanjang, dng 8-10 rusuk memanjang, berbintil-bintil tak teratur, panjangnya 8-30 cm, serta pastinya memiliki rasa yg pahit. Warna buah hijau, apabila masak jadi oranye yg pecah dng 3 katup. Namun buah ini mempunyai biji banyak, coklat kekuningan, memiliki bentuk pipih memanjang, keras.
Dengan cara umum tanaman pare ini mempunyai 3 type tanaman, yakni pare gajih, pare kodok serta pare rimba. Pare gajih berdaging tidak tipis, warnanya hijau muda atau keputihan, memiliki bentuk besar serta panjang serta terasa tak demikian pahit. Pare kodok buahnya bulat pendek, terasa pahit. Pare rimba yaitu pare yg tumbuh liar, buahnya kecil-kecil serta terasa pahit. Untuk beroleh buah yg panjang serta lurus, umumnya pd ujung buah yg tetap kecil digantungkan batu.
Daun dari pare yg tumbuh liar, diberi nama daun tundung. Daun ini disebutkan lebih bermanfaat apabila dipakai utk penyembuhan. Daun serta buahnya yg tetap muda dimakan sbg lalab mentah atau sesudah dikukus terlebih dulu, dimasak sbg sayuran, tumis, sambal goreng, gado-gado, dsb. Tanaman ini juga bisa dipakai utk membunuh serangga. Perbanyakan dng biji.
Penyakit Yang Bisa Diobati :
Tanaman pare ini mempunyai banyak manfaat serta mafaat untuk kesehatan tubuh kita, penyakit yg dapat diobati dng tanaman pare ini diantaranya yaitu :
  1. radang tenggorokan,
  2. Batuk,
  3. Sakit Mata merah,
  4. malaria. ;
  5. Demam,
  6. Menambah napsu makan,
  7. Rhematik,
  8. kencing manis,
  9. Sariawan ;
  10. Abses,
  11. Bisul,
  12. Demam,
  13. sakit lever,
  14. malaria,
  15. sembelit,
  16. obat kanker;
  17. cacingan

BAGIAN YANG DIPAKAI :

  • biji,
  • buah,
  • bunga,
  • akar,
  • serta daun

Manfaat Pare :

penghambat sel kanker
Sel Kanker
Buah :
  • Batuk,
  • Haus di karenakan panas dlm.
  • radang tenggorok (pharyngitis).
  • Mata sakit serta merah.
  • malaria.
  • Demam,
  • Pingsan di karenakan hawa
  • Menambah napsu makan.
  • panas ( heatstroke ).
  • kencing manis.
  • Rheumatism, rematik gout.
  • Disentri.
  • Memperbanyak air susu ( ASI ).
  • Sariawan.
  • Datang haid sakit ( dismenorrhoea ).
  • lnfeksi cacing gelang.
Bunga :
- Mengatasi pencernaa
Daun :
  • Luka, abses, bisul.
  • Cacingan.
  • Erysipelas.
  • Sembelit, menambah napsu makan.
  • Terlambat haid.
  • Sakit lever.
  • Menyuburkan rambut pd anak balita.
  • Melancarkan pengeluaran ASI.
  • Demam.
  • Sifilis, kencing nanah ( Gonorrhea )
Akar :
- Untuk mengobati penyakit wasir dan Disentri amuba
Biji :
  •  Impotensi,
  • Cacingan.
  • Kanker.
Pemakaian:
Untuk diminum : 15-30 g di juice atau di rebus.
Penggunaan luar. Ambil daun atau buah secukupnya digiling hingga halus, utk penggunaan setempat pd luka bakar, abses, bisul, eksim, biang keringat ( miliaria ), digigit serangga, melancarkan pengeluaran ASI, dan lain sebagainya.

CARA PEMAKAIAN :

1. Jika terserang haus di karenakan panas dalam, demam, heat stroke :
Ambil 1 buah sayur pare mentah yg masih fresh kemudian dicuci hingga bersih, kemudian dibelah. Buang berisi, kemudian potong-potong secukupnya, kemudian direbus dng tiga
gelas air bersih sampai tersisa 1 gelas. Setelah airnya dingin kemudian disaring, dan siap untuk diminum.
2. Diabetes :
a. Untuk bikin obat diabetes 200 g buah pare fresh dicuci bersih lalu diblender. Tambahkan
air minum secukupnya, lalu diperas dng sepotong kain sampai
terkumpul sejumlah 50 ml ( seperempat gelas ). Perasan
dihangatkan dng api kecil sepanjang 15-30 menit. Sesudah dingin
diminum, kerjakan tiap-tiap hari.
b. 200 g buah pare dicuci bersih lalu diiris tipis-tipis. Rebus dengan
3 gelas air bersih hingga tersisa 1 gelas. Sesudah dingin disaring,
minum, Kerjakan tiap-tiap hari.
3. Disentri.
Buah pare fresh dicuci lalu dibelah, berisi dibuang. Parut atau
dijuice, airnya diminum. Lekas minum air masak. Satu kali minum
200 cc.
4. Disentri amuba, diare :
Ambillah akar pare yg tetap fresh sejumlah 30 g. Dicuci bersih lalu
dipotong-potong sekedarnya. Rebus dng 3 gelas air sampai
tersisa 1 gelas. Sesudah dingin disaring, imbuhkan gula pasir
secukupnya lalu diminum.
5. Cacingan pd anak :
a. Daun fresh sejumlah 7 g, diseduh dng 1/2 cangkir air panas.
Sesudah dingin disaring, imbuhkan 1 sendok teh madu. Aduk
hingga rata, minum sekalian sebelum saat makan pagi.
b. Ambillah dua hingga tiga biji

Sumber : http://worldcypher.com/

Khasiat Tumbuhan Adas


Adas adalah satu dari sembilan tanaman atau tumbuhan obat yg diyakini mempunyai khasiat yg banyak. Di Indonesia sudah dibudidayakan serta terkadang sbg tanaman bumbu atau tanaman obat. Turnbuhan ini bisa hidup dari dataran rendah hingga ketinggian 1. 800 m diatas permukaan laut, tetapi dapat tumbuh tambah baik pd dataran tinggi.

Aslinya dari Eropa Selatan serta Asia, serta di karenakan faedahnya lantas banyak ditanam di Indonesia, India, Argentina, Eropa, serta Jepang. Terna berusia panjang, tinggi 50 cm – 2 m, tumbuh merumpun. Satu rumpun umumnya terdiri dari 3 – 5 batang. Batang hijau kebiru- biruan, beralur, beruas, berlubang, apabila memar baunya wangi. Letak daun berseling, majemuk menyirip ganda dua dng sirip-sirip yg sempit, wujud jarum, ujung serta pangkal runcing, pinggir rata, seludang berselaput dng sisi atasnya berupa topi. Memiliki perbungaan tersusun sbg bunga payung majemuk dng 6 s/d 40 gagang bunga, sedangkan panjang ibu gagang bunga sekitar 5 s/d 1 0 mm, kemudian untu panjang gagang bunga 2 s/d 5 mm, sedangkan pada mahkota memiliki warna kuning, keluar dari ujung batang.
Buah lonjong, berusuk, panjang 6 – 10 mm, lebar 3 – 4 mm, tetap muda hijau sesudah tua cokelat agak hijau atau cokelat agak kuning hingga seutuhnya cokelat. Tetapi, warna buahnya ini berlainan bergantung negara aslinya. Buah masak memiliki bau khas aromatik, apabila dicicipi terasa relatif layaknya kamfer. Adas membuahkan minyak adas, yang disebut basil sulingan serbuk buah adas yg masak serta kering. Ada dua jenis minyak adas, manis serta pahit. Keduanya, dipakai dlm industri obat-obatan. Adas juga digunakan utk bumbu, atau dipakai sbg bahan yg melakukan perbaikan rasa ( corrigentia saporis ) serta mengharumkan ramuan obat.
Umumnya adas dipakai berbarengan dng kulit batang pulosari. Daunnya dapat dimakan sbg sayuran. Perbanyakan dng biji atau memisahkan anak tanaman.
Nama Lokal :
Adas, Hades ( Sunda ), adas londa, Adhas ( Madura ), adas landi ( Jawa ), adas ( Bali ), ; Das pedas ( Aceh ), wala wunga ( Sumba ). adas, ; Adeh, adas pedas ( melayu ).manih ( Minangkabau ). paapang, paampas ( Menado ). ; Popoas ( Alfuru ), denggu-denggu ( Gorontalo ), ; porotomo ( Baree ). Papaato ( Buol ), kumpasi ( Sangir Talaud ). ; Adasa, adase ( Bugis ). rempasu ( Makasar ), ; Hsiao hui ( China ), mellet karee ( Thailand ), phong karee,; Jintan Manis ( Malaysia ). barisaunf, madhurika ( Ind. /Pak. ). ; Fennel, sweet fennel, commaon fennel, fenkel, pigel ( I ). ;

Penyakit Yang Bisa Diobati :

  • perut kembung,
  • Sakit perut ( mulas ),
  • mual,
  • ASI sedikit,
  • muntah,
  • Diare, sakit kuning ( jaundice ),
  • batuk,
  • kurang nafsu makan,
  • Sesak napas ( Asma ),
  • haid tak tertur,
  • nyeri haid,
  • rematik goat,
  • buah pelir turun ( orchidoptosis ),
  • Sulit tidur ( insomnia ),
  • kolik,
  • batu empedu,
  • Usus turun ke lipat paha
  • Pembengkakan saluran sperma ( epididimis ),
  • Keracunan tumbuhan obat atau jamur,
  • Penimbunan cairan dlm kantung buah zakar ( hiodrokel testis ),
  • menambah penglihatan ;
Pemakaian :
BAGIAN YANG DIGUNAKAN :
Buah yg sudah masak ( Xiaohuixiang, hui-hsiang ). Buah yg sudah masak dihimpun, lalu dijemur hingga kering.
KEGUNAAN :
Buah berguna utk menangani :
  • sakit kuning ( jaundice ),
  • sakit perut ( mulas ), rasa penuh di lambung, perut kembung, mual, diare, muntah,
  • kurang nafsu makan,
  • sesak napas ( asma ),
  • batuk berdahak,
  • haid : nyeri haid, haid tak teratur,
  • putih telur dlm kencing ( proteinuria ),
  • air susu ibu ( ASI ) sedikit,
  • sulit tidur ( insomnia ),
  • usus turun ke lipat paha,
  • buah pelir turun ( orchidoptosis ),
  • pembengkakan saluran sperma ( epididimis ),
  • kurangi rasa sakit disebabkan batu serta menolong menghancurkannya,
  • penimbunan cairan didalam kantung buah zakar ( hidrokel testis ),
  • keracunan tumbuhan obat atau jamur.
  • rematik gout, dan

DAUN BERMANFAAT MENANGANI :

  • perut kembung,
  • batuk,
  • koilk,
  • menambah penglihatan dan
  • rasa haus

CARA PEMAKAIAN :

Ambil buah adas sejumlah 3 s/d 9 g direbus sampai mendidih, atau buah adas digiling sampai halus, kemudian diseduh dng air mendidih utk diminum pada saat hangat. Daun dimakan sbg sayuran atau direbus, lalu diminum.
Penggunaan luar, buah kering digiling halus lalu dipakai utk penggunaan lokal pd sariawan, sakit gigi, sakit telinga serta luka.
Minyak adas juga bisa dipakai utk menggosok tubuh anak yg masuk angin.

CONTOH PEMAKAIAN :

1. Batuk
a. Siapkan serbuk buah adas sejumlah 5 g disedub dng 1/2
cangkir air mendidih. Sesudah dingin disaring, imbuhkan 1 sendok
teh madu. Aduk hingga rata, minum sekalian. Kerjakan 2 kali
1 hari, hingga pulih.
b. Siapkan daun saga 1/4 genggam, bunga kembang sepatu 2
kuntum, daun poko 1/5 genggam, bunga tembelekan 10 kuntum,
bawang merah 2 butir, adas 1 sendok teh, pulosari 1 jari, rimpang
jahe 1 jari, gula merah 3 jari, dicuci serta dipotong-potong
sekedarnya. Rebus dng 3 gelas air bersih hingga tersisa
setengahnya. Sesudah dingin disaring, lalu diminum. Kerjakan 3 kali
1 hari, tiap-tiap 1/2 gelas.
2. Sesak napas
a. Ambillah minyak adas sejumlah 10 tetes diseduh dng 1 sendok
makan air panas. Minum pada saat hangat. Kerjakan 3 kali 1 hari,
hingga pulih.
b. Siapkan adas 1/2 sendok teh, pulosari ¼ jari, rirnpang kencur 2
jari, rirnpang temulawak 1 jari, jintan hitam 114 sendok teh, daun
poncosudo ( Jasminum pubescens ) 1/4 genggam, gula merah
3 jari, dicuci serta dipotong-potong sekedarnya. Baban-bahan tadi
lalu direbus dng 4 1/2 gelas air bersih hingga tersisa kira-kira
separonya. Sesudah dingin disaring, serta siap utk diminum.
1 hari 3 kali, tiap-tiap 3/4 gelas.
obat herbal sariawan
obat herbal sariawan
Siapkan buah adas sebanyak 3/4 sendok teh, daun iler, 1/5 genggam ketumbar 3/4 sendok teh, sisik naga 1/5 genggam, daun saga 1/4 genggam,
daun sembung 1/4 genggam, daun kentut 1/6 genggam, pegagan 1/4 genggam, pulosari 3/4 jari, rimpang lempuyang wangi 1/2 jari,
rimpang kunyit ½ jari, kayu manis ¾ jari, gula merah 3 jari, dicuci serta dipotong-potong sekedarnya. Beberapa bahan tadi lalu direbus dng 4 1/2 gelas air bersih hingga tersisa sampai setengahnya. Dan  jika sudah dingin kemudian disaring, siap utk diminum. 1 hari 3 kali, setiap saat cukup
3/4 gelas.
4. Haid tak teratur
Siapkan daun serta bunga srigading tiap-tiap. 1/5 genggam,
jinten hitam 3/4 sendok teh, adas 1/2 sendok teh, pulosari 1/2 jari,
bunga kesumba keling 2 kuntum, jeruk nipis 2 buah, gula batu
sebesar telur ayam, dicuci lalu dipotong-potong sekedarnya.
Beberapa bahan tadi lalu direbus dng 3 gelas air bersih sampai
tersisa 2 1/4 gelas. Sesudah dingin disaring, minurn 3 kali 1 hari,
tiap-tiap 3/4 gelas. Keracunan tumbuhan obat atau jamur
Siapkan serbuk buah adas sejumlah 5 g, lalu seduh dengan
1/2 cangkir arak. Minum pada saat hangat.
5. Batu empedu
Serbuk buah adas sejumlah 5 g diseduh dng 1 cangkir air
panas. Min
Komposisi :
SIFAT KIMIAWI DAN EFEK FARMAKOLOGIS Buah : buah masak memiliki kandungan bau aromatik, pedas, rasa sedikit manis, hangat, ginjal, masuk meridian hati, limpa, serta lambung. Daun : berbau aromatik Minyak dari buah : minyak adas ( fennel oil ).
KANDUNGAN KIMIA : Adas memiliki kandungan minyak asiri ( Oleum Foeniculi ) 1 – 6%, memiliki kandungan 50 – 60% anetol, pinen, kurang lebih 20% fenkon, limonen, felandren, dipenten, metilchavikol, asam anisat, anisaldehid, serta 12% minyak lemak.
Kandungan anetol yg mengakibatkan adas mengeluarkan aroma yg khas serta bermanfaat karminatif. Akar serta biji memiliki kandungan stigmasterin ( serposterin ). Akar memiliki kandungan bergapten.
Dampak Farmakologis serta Hasil Penelitian :
  1. Komponen aktifnya, anisaldehida, menambah manfaat streptomycin utk penyembuhan TBC pd tikus percobaan.
  2. Menambah peristaltik saluran cerna serta merangsang pengeluaran kentut ( flatus ).
    Menyingkirkan dingin serta dahak.
  3. Minyak adas yang memiliki kandungan anetol, fenkon, chavicol, serta anisaldehid bermanfaat menyejukkan saluran cerna serta bekerja mirip perangsang napsu makan.
  4. Dari satu penelitian pd manusia dewasa, diternukan bahwasanya adas memiliki dampak menghancurkan batu ginjal.
  5. Pada percobaan binatang, ekstrak dari rebusan daun adas bisa turunkan tekanan darah. Tetapi, pengolahan langkah lain tak tunjukkan manfaat ini.
sumber : http://worldcypher.com/

Lahan sempit bukan alasan tidak bisa menanam sayur.

bibit buah tin/ara


Green Spinach


Green Spinach also called Amarathus Sp. green spinach has many benefits including the following:
1. Anti-oxidant
2. Prevent Cancer
3. facilitate CHAPTER
4. Contains high fiber, good for diabetes, cholesterol and weight loss.
5. To prevent gum disease
6. Treating Eczema, Asthma
7. To Care facial skin, scalp and hair
8. in spinach also contained vitamins C, E and anti-oxidants, high

processed spinach, among others:
1. Vegetable Bening
2. Lalapan
3. Sauce
Misteri Dibalik Tindihan

Misteri Dibalik Tindihan




Pernah terbangun dari tidur, tapi sulit bergerak ataupun berteriak? Tenang, Anda bukan sedang diganggu mahkluk halus. Ini penjelasan ilmiahnya!

Sleep Paralysis
Menurut medis, keadaan ketika orang akan tidur atau bangun tidur merasa sesak napas seperti dicekik, dada sesak, badan sulit bergerak dan sulit berteriak disebut sleep paralysis alias tidur lumpuh (karena tubuh tak bisa bergerak dan serasa lumpuh). Hampir setiap orang pernah mengalaminya. Setidaknya sekali atau dua kali dalam hidupnya.

Sleep paralysis bisa terjadi pada siapa saja, lelaki atau perempuan. Dan usia rata-rata orang pertama kali mengalami gangguan tidur ini adalah 14-17 tahun. Sleep paralysis alias tindihan ini memang bisa berlangsung dalam hitungan detik hingga menit. Yang menarik, saat tindihan terjadi kita sering mengalami halusinasi, seperti melihat sosok atau bayangan hitam di sekitar tempat tidur. Tak heran, fenomena ini pun sering dikaitkan dengan hal mistis.

Di dunia Barat, fenomena tindihan sering disebut mimpi buruk inkubus atau old hag berdasarkan bentuk bayangan yang muncul. Ada juga yang merasa melihat agen rahasia asing atau alien. Sementara di beberapa lukisan abad pertengahan, tindihan digambarkan dengan sosok roh jahat mendudukidada seorang perempuan hingga ia ketakutan dan sulit bernapas.

Kurang Tidur
Menurut Al Cheyne, peneliti dari Universitas Waterloo, Kanada, sleep paralysis, adalah sejenis halusinasi karena adanya malfungsi tidur di tahap rapid eye movement (REM).

Sebagai pengetahuan, berdasarkan gelombang otak, tidur terbagi dalam 4 tahapan. Tahapan itu adalah tahap tidur paling ringan (kita masih setengah sadar), tahap tidur yang lebih dalam, tidur paling dalam dan tahap REM. Pada tahap inilah mimpi terjadi.

Saat kondisi tubuh terlalu lelah atau kurang tidur, gelombang otak tidak mengikuti tahapan tidur yang seharusnya. Jadi, dari keadaan sadar (saat hendak tidur) ke tahap tidur paling ringan, lalu langsung melompat ke mimpi (REM).

Ketika otak mendadak terbangun dari tahap REM tapi tubuh belum, di sinilah sleep paralysis terjadi. Kita merasa sangat sadar, tapi tubuh tak bisa bergerak. Ditambah lagi adanya halusinasi muncul sosok lain yang sebenarnya ini merupakan ciri khas dari mimpi.

Selain itu, sleep paralysis juga bisa disebabkan sesuatu yang tidak dapat dikontrol. Akibatnya, muncul stres dan terbawa ke dalam mimpi. Lingkungan kerja pun ikut berpengaruh. Misalnya,Anda bekerja dalam shift sehingga kekurangan tidur atau memiliki pola tidur yang tidak teratur.

Jangan Anggap Remeh
Meski biasa terjadi, gangguan tidur ini patut diwaspadai. Pasalnya, sleep paralysis bisa juga merupakan pertanda narcolepsy (serangan tidur mendadak tanpa tanda-tanda mengantuk), sleep apnea (mendengkur), kecemasan, atau depresi.

Jika Anda sering mengalami gangguan tidur ini, sebaiknya buat catatan mengenai pola tidur selama beberapa minggu. Ini akan membantu Anda mengetahui penyebabnya. Lalu, atasi dengan menghindari pemicu. Bila tindihan diakibatkan terlalu lelah, coba lebih banyak beristirahat.

Kurang tidur pun tidak boleh dianggap remeh. Jika sudah menimbulkan sleep paralysis, kondisinya berarti sudah berat. Segera evaluasi diri dan cukupi kebutuhan tidur. Usahakan tidur 8-10 jam pada jam yang sama setiap malam.

Perlu diketahui juga, seep paralysis umumnya terjadi pada orang yang tidur dalam posisi telentang (wajah menghadap ke atas dan hampir nyenyak atau dalam keadaan hampir terjaga dari tidur). Itu sebabnya, kita perlu sering mengubah posisi tidur untuk mengurangi risiko terserang gangguan tidur ini.

Nah, jika tindihan disertai gejala lain, ada baiknya segera ke dokter ahli tidur atau laboratorium tidur untuk diperiksa lebih lanjut. Biasanya dokterakan menanyakan kapan tindihan dimulai dan sudah berlangsung berapa lama. Catatan yang telah Anda buat tadi akan sangat membantu ketika memeriksakan diri ke dokter.

Mitos Sleep Paralysis Di Berbagai Negara
- Di budaya Afro-Amerika, gangguan tidur ini disebut the devil riding your back hantu atau hantu yang sedang menaiki bahu seseorang.
- Di budaya China, disebut gui ya shen alias gangguan hantu yang menekan tubuh seseorang.
- Di budaya Meksiko, disebut se me subio el muerto dan dipercaya sebagai kejadian adanya arwah orang meninggal yang menempel pada seseorang.
- Di budaya Kamboja, Laos dan Thailand, disebut pee umm, mengacu pada kejadian di mana seseorang tidur dan bermimpi makhluk halus memegangi atau menahan tubuhorang itu untuk tinggal di alam mereka.
- Di budaya Islandia, disebut mara. Ini adalah kata kuno bahasa Island. Artinya hantu yang menduduki dada seseorang di malam hari, berusaha membuat orang itu sesak napas dan mati lemas.
- Di budaya Tuki, disebut karabasan, dipercaya sebagai makhluk yang menyerang orang di kala tidur, menekan dada orang tersebut dan mengambil napasnya.
- Di budaya Jepang, disebut kanashibari, yang secara literatur diartikan mengikat sehingga diartikan seseorang diikat oleh makhluk halus.
- Di budaya Vietnam, disebut ma de yang artinya dikuasai setan. Banyak penduduk Vietnam percaya gangguan ini terjadi karena makhluk halus merasuki tubuh seseorang.
- Di budaya Hungaria, disebut lidercnyomas dan dikaitkan dengan kata supranatural boszorkany (penyihir). Kata boszorkany sendiri berarti menekan sehingga kejadian ini diterjemahkan sebagai tekanan yang dilakukan makhluk halus pada seseorang di saat tidur.
- Di budaya Malta, gangguan tidur ini dianggap sebagai serangan oleh Haddiela (istri Hares), dewa bangsa Malta yang menghantui orang dengan cara merasuki orang tersebut. Dan untuk terhindar dari serangan Haddiela, seseorang harus menaruh benda dari perak atau sebuah pisau di bawah bantal saat tidur.
- Di budaya New Guinea, fenomena ini disebut Suk Ninmyo. Ini adalah pohon keramat yang hidup dari roh manusia. Pohon keramat ini akan memakan roh manusia di malam hari agar tidak menggangu manusia di siang hari. Namun, seringkali orang yang rohnya sedang disantap pohon ini terbangun dan terjadilah sleep paralysis. 
5 elemen yang bikin tubuh sehat !!!

5 elemen yang bikin tubuh sehat !!!

Kaka ane mo share aja..
moga info ane berguna banget untuk kaka2 sekalian.

berikut ini adalah 5 elemen yang ternyata sangat mempengaruhi kesehatan kita :

1. Sinar Matahari Pagi:
Bagaimana manfaat sinar matahari terhadap manusia? Dari analisa energi 5 Elemen, ternyata sinar matahari memegang peranan penting terhadap kesehatan manusia dengan kontribusi energi sebesar 25%. Sinar matahari secara langsung sangat bermanfaat untuk kesehatan energi 5 Elemen pada manusia.

Manusia secara langsung dapat menerima energi 5 Elemen dari sinar matahari melalui kelima elemen yang dimiliki manusia, yaitu elemen Ether, elemen Udara, elemen Api, elemen Air, dan elemen Bumi. Ini merupakan salah satu kelebihan manusia dibandingkan makhluk lain di muka bumi ini.

Tumbuh-tumbuhan sendiri menerima energi matahari melalui elemen Bumi, dan kemudian baru disirkulasi ke elemen lainnya.

Waktu ternyata mempunyai hubungan dengan efektivitas sinar matahari terhadap kesehatan 5 elemen. Sinar matahari paling bermanfaat antara pk. 05.30 - 09.00 pagi. Waktu optimal yang dapat kita gunakan untuk menerima energi 5 Elemen dari sinar matahari adalah kira-kira 15 menit. Berikut ini penjelasannya:

1. Pk. 05.30 - 06.30 : Elemen Kesadaran, frekuensi sehat 1/6 Hz
2. Pk. 06.30 - 07.00 : Elemen Ether, frekuensi sehat 1/5 Hz
3. Pk. 07.00 - 07.30 : Elemen Udara, frekuensi sehat 1/4 Hz
4. Pk. 07.30 - 08.00 : Elemen Api, frekuensi sehat 1/3 Hz
5. Pk. 08.00 - 08.30 : Elemen Air, frekuensi sehat 1/2 Hz
6. Pk. 08.30 - 09.00 : Elemen Bumi, frekuensi sehat 1 Hz

Karena manfaat energi matahari sangat besar untuk kesehatan manusia, maka kita perlu memanfaatkan sinar matahari pagi dengan sebaik-baiknya. Saat ini anak-anak lebih senang berada di ruangan ber-AC. Oleh sebab itu, untuk meningkatkan kesehatn, anak-anak perlu dibiasakan untuk berjemur di pagi hari.

2. Udara Segar yang Sehat:
Udara segar yang sehat mempunyai frekuensi sehat 1/4 Hz, sehingga sangat bermanfaat untuk elemen keempat, yaitu elemen Udara. Udara memberikan kontribusi energi sehat sebesar 25%. Oleh sebab itu, sangat penting bagi kita untuk menjaga kesegaran udara dengan menanam pohon-pohonan di sekitar rumah kita. Selain meningkatkan kesegaran udara, pohon-pohonan juga dapat mencegah global warming.

Selain itu, kita juga dapat meningkatkan kesegaran udara dengan tidak merokok, membersihkan ruangan, dan dengan membersihkan pendingin udara AC secara teratur. Kita juga dapat menggunakan ionizer untuk meningkatkan kesegaran udara di dalam ruangan.

3. Air Segar yang Sehat:
Air segar yang sehat mempunyai frekuensi sehat 1/2 Hz, sehingga bermanfaat untuk elemen Air. Air sehat sangat penting bagi kesehatan kita, karena memberikan kontribusi energi sehat sebesar 25%. Organ-organ yang sangat membutuhkan air adalah darah dan ginjal, yaitu organ-organ pada elemen Air. Minum air sehat yang cukup akan melancarkan peredaran darah, membersihkan racun-racun pada darah, menyehatkan ginjal, dan melancarkan pencernaan.

Oleh sebab itu, sangat penting bagi kita untuk minum air sehat yang cukup sebanyak 8 gelas sehari. Minum minuman yang manis atau minuman berkarbonasi tidak dapat dianggap sebagai pengganti air sehat.

Saat ini kita sudah semakin sulit untuk memperoleh air sehat. Air sehat umumnya berasal dari mata air jernih di pegunungan. Salah satu cara untuk memperoleh air sehat adalah dengan menggunakan alat Reverse Osmosis atau RO.

4. Makanan Sehat dan Segar:
Makanan sehat memberikan kontribusi energi sehat sebesar 20%. Komposisi makanan sehat berdasarkan elemennya adalah sebagai berikut:

* Elemen Kesadaran: 1%. Makanan sehat untuk elemen kesadaran adalah mempunyai frekuensi sehat 1/6 Hz dan mengandung banyak enzim.
* Elemen Ether: 5%. Makanan sehat untuk elemen Ether adalah yang mempunyai frekuensi sehat 1/5 Hz dan mengandung banyak antioksidan.
* Elemen Udara: 5%. Makanan sehat untuk elemen Udara adalah yang mempunyai frekuensi sehat 1/4 Hz.
* Elemen Api: 3%. Makanan sehat untuk elemen Api adalah yang mempunyai frekuensi sehat 1/3 Hz dan mengandung banyak asam lemak tak jenuh, dan vitamin A.
* Elemen Air: 3%. Makanan sehat untuk elemen Air adalah yang mempunyai frekuensi sehat 1/2 Hz dan mengandung banyak karbohidrat, protein, vitamin B, dan vitamin C.
* Elemen Bumi: 3%. Makanan sehat untuk elemen Bumi adalah yang mempunyai frekuensi sehat 1 Hz dan mengandung banyak mineral, vitamin D, dan vitamin E.

Diet makanan sehat sebaiknya merupakan kombinasi dari makanan sehat masing-masing elemen. Hal ini akan menyeimbangkan dan menyehatkan energi pada semua elemen. Sebagai contoh, bila kekurangan makanan sehat elemen Bumi, orang bisa menderita sakit osteoporosis karena kekurangan mineral dan kalsium. Bila kekurangan makanan sehat elemen Air, orang bisa menderita sakit diabetes dan asam urat karena kekurangan karbohidrat sehat dan protein sehat.

5. Bergerak dan Berolahraga:
Bergerak dan berolahraga memberikan kontribusi energi sehat sebesar 5%. Jadi kita juga perlu berolahraga yang sehat secara teratur.

sumber: detik.health.com

10 Fakta mengenai kecoa


Kecoa, yang memiliki bahasa Inggris Cockroach, merupakan anggota dari ordo Blattaria dan memiliki 5 famili. Dilaporkan terdapat 4.000 spesies kecoa. Menurut WHO, 10 spesies dianggap merupakan penyebar penyakit. Jika sebagian besar kecoa berukuran kecil, Australian Giant Burrowing Cockroach atau Rhino Roach (Kecoa Badak ) dapat melebihi panjang 80 cm dan berat 35 gram (ada yang beratnya pernah dilaporkan sampai 50 gram!). Mereka dapat hidup sebulan atau lebih tanpa makanan, dan hanya seminggu tanpa air. Tanpa banyak basabasi lagi, inilah 10 fakta menjijikkan tentang kecoayang menjijikkan.

1. Kecoa bisa terbang


Megaloblatta longipennis, seperti yang ditunjukkan pada gambar di atas, dapat merentangkan sayapnya hingga 185 mm. Untungnya, dia hidup di Amerika Tengah dan Selatan. Pada umumnya, kecoa jarang terbang karena jika terbang, tubuh mereka akan panas jika mereka terbang.

2. Menyebabkan global warming

Studi menunjukkan bahwa kecoa kentut rata-rata tiap 15 menit. Bahkan setelah mati, mereka akan tetap melepaskan metana hingga 18 jam. Dalam skala global, gas dalam perut serangga diperkirakan menyumbang 20% dari semua emisi metana. Fakta ini menempatkan kecoa sebagai salah satu kontributor terbesar global warming. Kontributor besar lainnya adalah rayap dan sapi.

3. Mati telentang


Makdusnya bukan mati menelan tang (jayus). Kecoa liar mati (pada sebagian besar kasus), di dalam perut burung-burung atau hewan kecil lainnya yang memakannya. Di rumah kita, mereka mati karena tidak dapat membetulkan posisinya setelah jatuh. Di alam liar, dimana banyak dedaunan dan kayu-kayu kering, kecoa memiliki sesuatuyang bisa dipegang, namun di rumah kita, dengan lantai yang licin, kecoa cuma bisa 'terdampar'. Sebagai tambahan, beberapa insektisida bekerja dengan menyebabkan kekejangan otot dan kekurangan koordinasi otot, yang menyebabkan serangga terbalik posisinya. Tanpa kemampuan untuk mengontrol ototnya, kecoa mati dalam keadaan telentang.

4. Kecoa 'internasional'



Nama 'cockroach' dipercaya berasal dari bahasa Spanyol 'cucaracha', dengan pertama kali digunakan dalam bahasa Inggris 'cacarootch' di 1624. Kecoa juga punya nama internasional, seperti berikut ini.

A) Bulgarian: ???????? f
B) Chinese: ?? (zhang1 lang2)
C) Dutch: kakkerlak m
D) Hebrew: ??? m (jook)
E) Japanese: ???? (gokiburi)
F) Mongolian: ???? (joom)
G) Russian: ??????? m (tarakan)
H) Swedish: kackerlacka
I) Turkish: hamam böcegi
J) Urdu: ?????

5. Vocal Cords

Madagascar Hissing Cockroach yang terkenal itu dipercaya satu-satunya serangga yang menggunakan lorong udaranya untuk membuat suara. Sebagian besar serangga lain memproduksi berbagai suara dengan menggosok bagian-bagian tubuh bersama-sama (catatan: beberapa kumbang memaksa udara untuk melalui piringan pelindung mereka, namun ini tidak melibatkan sebuah lorong udara pernapasan). Hisser membuat dua suara berbeda, ketika mereka merasa terganggu dan ketika dua ekor jantan saling berhadapan. Karena mereka berukuranbesar (5-8 cm) dan tidak memiliki sayap, mereka sering digunakan di film-film.

6. Tidak berkepala

Kecoa tidak membutuhkan kepala untuk dapat bertahan hidup. Sebagai pembanding, manusia membutuhkan kepala untuk 3 fungsi, antara lain:
1. Bernapas melalui hidung dan mulut, dan pernapasan dikontrol oleh otak.
2. Kehilangan kepala menyebabkan kehilangan darah secara drastis.
3. Kita makan melalui mulut.
Namun bagi kecoa:
1. Mereka bernapas melalui ventilator di seluruh tubuhnya dan otak tidak mengontrol fungsi ini.
2. Serangga tidak memiliki tekanan darah seperti pada mamalia dan tidak akan 'bleed out'
3. Sebagai seekor hewan berdarah dingin, makanan yang sedikit dapat bertahan sebulan penuh. Kecoa tanpa kepala dapat bertahan hidup cukup lama.

7. Kecoa menyebabkan asma

Alergi kecoa pertama kali dilaporkan sekitar 50 tahun yang lalu, dan sangat berbahaya. Alergen kecoa adalah kotorannya dan serpihan-serpihan dari bangkai kecoa yang menjadi debu dan masuk ke dalam tabung bronchial. Kepekaan terhadap debu ini memicu reaksi alergi bronkial yang dikenal sebagai asma.

8. Mari berhitung

Kecoa Jerman (Blatella germanica) adalah hama kecoa yang paling banyak dengan siklus hidup sekitar 100 hari dan mereka hidup sekitar 6 bulan. Sang betina dapat memproduksi 6-8 tempat telur selama 6 bulan hidupnya,yang membuat 180-320 kecoa baru. Jika hanya 10 anaknya menjadi betina subur (dan itu merupakan perkiraan kecilnya - jumlahnya bisa lebih dari 100), ada ribuan ekor kecoa dalam beberapa bulan saja.

9. Mereka sangat cepat!

Penelitian menunjukkan bahwa kecepatan kecoa Amerika tercepat tercatat mendekati 2 mil per jam (75 cm per detik).

10. Kecoa dan radiasi

Ada pembicaraan yang menyatakan kecoa merupakan satu-satunya yang dapat bertahan hidup dalam serangan bom nuklir. Belum terbukti secara ilmiah, namun ada beberapa bukti logisnya. Sel-sel hidup sensitif pada radiasi terutama ketika mereka sedang membelah (itulah efektivitasdari radiasi pada sel kanker). Sel-sel kecoa membelah hanya pada saat siklus molting, sekitar sekali seminggu. Maka mereka bersifat sensitif pada radiasi hanya sekitar 48 jam, atau 1/4 minggu. Manusia memiliki darah dan immine stem-cellyang membelah secara konstan. Dengan radiasi bom nuklir, semua manusia akan mati, namun hanya 1/4 dari kecoa yang akan bertahan hidup. Yang menarik, Mythbusters melakukan tes dan ternyata kecoa dapat hidup pada intensitas radiasi 10x yang dibutuhkan untuk membunuh 

G+

Back to Top